Mendukung Terwujutnya Program Tangguh Bersinar, DPMPTSP Salurkan Bantuan Invertensi Serentak ke 2 Desa di Kab. Sigi.

Penyerahan bantuan program penanganan stunting secara simbolis kepada Kepala Desa Pombewe dan Desa Soulove. Rabu. (10/07/2024). Foto : Dok. PPID DPMPTSP Prov. Sulteng.

Sigi, DPMPTSP – Gubernur Sulawesi Tengah Rusdi Mastura didampingi beberapa Kepala OPD Provinsi Sulawesi Tengah secara simbolis menyerahkan bantuan intervensi serentak ke 118 desa di Kabupaten Sigi melalui program Terpadu Percepatan Penurunan Stunting dan Penanggulangan Kemiskinan Berbasis Perangkat Daerah (Tangguh Bersinar). Bertempat di Lapangan Madani, Desa Mpanau, Kecamatan Biromaru, Kab. Sigi. Rabu, (10/07/2024).

Program Tangguh Bersinar merujuk Surat Keputusan Gubernur Sulawesi Tengah Nomor: 400.9.14/24/Bappeda-G.ST/2024 tanggal 23 Januari 2024 tentang Lokasi Sasaran dan Orang Tua Asuh Program Terpadu Percepatan Penurunan Stunting dan Penanggulangan Kemiskinan Berbasis Perangkat Daerah (Tangguh Bersinar) Tahun 2024 dan Kabupaten Sigi dipilih sebagai pilot project program Tangguh Bersinar.

Gubernur Rusdi Mastura, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pernikahan di usia dini merupakan salah satu penyebab terjadinya masalah Stunting, karena secara psikologis belum memiliki pengetahuan yang cukup mengenai kehamilan dan pola asuh anak yang baik dan benar.

Berdasarkan Survei Kesehatan Indonesia (SKI) tahun 2023, penurunan prevalensi stunting di Provinis Sulawesi Tengah sebesar 10,4% yaitu dari 36,8% pada tahun 2022 turun menjadi 26,4% di tahun 2023.

Atas capaian tersebut, Gubernur mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi kepada seluruh perangkat daerah lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah serta Mitra Kerja dari unsur dunia Pendidikan, dunia Usaha, dunia Perbankan dan Pemerintah Kabupaten Sigi yang telah berparsitipasi aktif dalam mendukung berlangsungnya pelaksanaan program dan acara tersebut.

Selain itu, Ia juga meminta agar seluruh perangkat daerah, stakeholder terkait agar intens melakukan koordinasi dan melakukan pemantauan perkembangan desa yang menjadi binaan-nya untuk memastikan program penanganan stunting dapat dilakukan dengan tepat dan berkelanjutan agar angka stunting di Sulawesi Tengah dapat ditekan serendah mungkin.

Tampak hadir dalam acara tersebut, Bupati Sigi diwakili Wakil Bupati Sigi, Unsur Forkopimda Provinsi Sulteng, Unsur Forkopimda Kab. Sigi, para Kepala Perangkat Daerah Provinsi Sulteng dan Kab. Sigi, Pimpinan Perguruan Tinggi, Pimpinan Perbankan, Pimpinan Badan Usaha, Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Sigi, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan Tokoh Perempuan.

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu yang di wakili oleh Sekretaris Dinas dan para pejabat lungkup DPMPTSP bersama Biro Administrasi Pimpinan dan Corporate Social Responsibility (CSR) yang merupakan rekan tim dalam program tersebut secara simbolis menyerahkan bantuan di dua desa yang menjadi binaan. Diantaranya yaitu Desa Pombewe dan Desa Soulove.

Bantuan dalam bentuk sembako serta perlengkapan lainnya yang menjadi kebutuhan Ibu hamil, Bayi dan Balita diserahkan pada perangkat desa yang merupakan kader dari program penurunan angka stunting pada masing-masing desa tersebut.

Sumber : PPID DPMPTSP, PPID Utama/Humas Pemprov. Sulteng, Biro Adpim Setda Prov Sulteng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*

Complaint