Audiensi Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dengan Kemenpan RB Republik Indonesia terkait dengan Persiapan Pembentukan Mal Pelayanan Publik (MPP) Provinsi Sulawesi Tengah

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi Republik Indonesia yang diwakili  Asisten Deputi Pelayanan Publik Ibu Dra. Damayanti Tyastianti, M.Q.M menerima Audiensi dengan jajaran Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Dinas DPMPTSP Provinsi Sulawesi Tengah ibu Ir. Christina Shandra Tobondo, MT . dan didampingi oleh Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan Iklim Penanaman Modal Bapak Drs. Asrab Mochtar, M.Si beserta rombongan lainnya. Audiensi yang digelar pada tanggal 21 Januari 2020  bertempat di Ruang Rapat Sriwijaya Lt.2 Gedung Kemenpan RB RI ini adalah  untuk membahas mengenai rencana pembentukan Mal Pelayanan Publik di Provinsi Sulawesi Tengah.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sulawesi Tengah menyampaikan bahwa, kantor Dinas Penanaman Modal dan PTSP di awal Tahun 2020 telah menempati kantor yang baru yang representaif, beralamat di Jl. Cikditiro No. 29 Palu, dan dibangun melalui dana APBD Provinsi Sulawesi Tengah.

Atas komitmen untuk memberikan kemudahan pelayanan  kepada masyarakat, Gubernur Sulawesi Tengah menginisisasi kiranya kantor yang telah dibangun dengan representatif ini dapat dijadikan Mal Pelayanan Publik. Pada kesempatan ini Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sulawesi Tengah memaparkan kesiapan apa saja yang telah dilakukan oleh Pemprov Sulteng dalam Pembentukan Mal Pelayanan Publik diantaranya : Komitmen Pemerintah Pemprov dalam membuat Kelembagaan Mal pelayanan Publik Provinsi Sulawesi Tengah yang ditunjukkan dengan Peraturan Gubernur No 37 Tahun 2019 tentang Mal Pelayanan Publik, Koordinasi baik instansi Pusat dan daerah serta BUMN/BUMD yang akan diintegrasikan dalam MPP, Kesiapan sarana dan prasara tempat pelayanan publik, Pengaturan kelembagaan , mekanisme kerja antar instansi, penyediaan SDM, dan lain sebagainya.

Asiten Deputi Pelayanan Publik dalam arahannya menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah yang akan menyelenggarakan Mal Pelayanan Publik. Sebagaimana amanat yang tertuang dalam Peraturan Menpan RB Nomor 23 tahun2017 tentang Mal Pelayanan Publik. Mal Pelayanan Publik Provinsi Sulawesi Tengah adalah merupakan Mal Pelayanan Publik yang kedua di Indonesia setelah Provinsi DKI Jakarta. Oleh karena itu sebagaimana tujuan dari pelaksanaan Mal Pelayanan Publik yaitu untuk memberikan kemudahan, kecepatan, ketepatan, keterjangkauan, keamanan, dan kenyamanan bagi masyarakat dalam mendapatkan pelayanan, maka bagi lembaga/instansi/BUMN/BUMD yang akan diajak bergabung untuk memberikan pelayanan di Mal Pelayanan Publik adalah pelayanan yang bersifat Langsung kepada masyarakat (Tidak hanya sekedar pelayanan informasi), lebih lanjut disampaikan oleh Asdep Pelayanan Publik bahwa karena Mal pelyanan Publik berkedudukan di Kota Palu sebagai Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tengah maka sangat diharapkan DPMPTSP Kota dan instansi yang memberikan pelayanan di Kota untuk bergabung bersama-sama dalam Mal Pelayanan Publik Provinsi Sulawesi Tengah.

Hadir dalam pertemuan ini pula Kasubid Pelayanan Publik bapak yusuf mendampingi Asisten Deputi Pelayanan Publik. Sebelum acara berakhir ibu Kadis DPMPTS Provinsi Sulawesi Tengah, berharap kepada jajaran di Kemenpan RB kiranya dapat membimbing dan mengarahkan agar penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik (MPP) di Provinsi Sulawesi Tengah dapat berjalan dengan baik dan lancar sebagaimana yang diharapkan, dan dengan rasa hormat menyampaikan undangan kepada Bapak Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi beserta jajarannya kiranya dapat hadir pada peresmian Gedung DPMPTSP Provinsi Sulawesi Tengah dan Launching Mal Pelayanan Publik pada tanggal 13 April 2020 bertetapatan dengan HUT ke-56 Provinsi Sulawesi Tengah.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Translate »