Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Tengah membuka Stand Penerimaan Dan Verifikasi Laporan Masyarkat (PVL) On The Spot Di Mal Pelayanan Publik Provinsi Sulawesi Tengah

Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Tengah membuka Stand Penerimaan dan Verifikasi Laporan Masyarkat (PVL) On the spot di Mal Pelayanan Publik Provinsi Sulawesi Tengah mulai tanggal 24 – 25 Agustus 2020. Ombudsman Republik Indonesia sebagai lembaga negara yang bertugas mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik telah berupaya untuk meningkatkan kualitas fungsi pengawasannya, sehingga diharapkan dapat memuaskan pemangku kepentingan Ombudsman terutama masyarakat pengguna pelayanan publik.

PVL On The Spot  tersebut adalah upaya dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik di Sulawesi Tengah yang merupakan  Program “Jemput Bola”  dengan tujuan proaktivitas fungsi penerimaan dan verifikasi Laporan/Pengaduan yang dapat dilaksanakan dalam bentuk kegiatan berikut :

  1. Menyampaikan informasi mengenai kelembagaan Ombudsman secara umum dan informasi spesifik terkait persyaratan, mekanisme, tata cara dan prosedur penyelesaian Laporan;
  2. Memberikan konsultasi terkait permaslahan penyelenggaraan pelayanan public oleh instansi penyelenggara layanan;
  3. Menerima Laporan/Pengaduan Masyarakat secara langsung.

Penerimaan Laporan On The Spot akan menyasar pada pihak, instansi, unit pelayanan public atau sarana/medium tertentu sebagai lokasi atau titik (Spot) khusus yang sebelumnya dapat ditentukan berdasarkan :

  1. Telaah statistis data melalui SIMPel (aplikasi Ombudsman RI);
  2. Telaah kecenderungan (Trend) cara melapor masyarakat ( misal : pemilihan area publik, medium komunitas, atau sarana komunikasi berbasis massa);
  3. Hasil diskusi atau koordinasi bersama Unit Keasistenan Pemeriksa; atau
  4. Pendekatan lainnya.

Dari kegiatan PVL On The Spot  tersebut diharapkan akan terjadi proses penyelesaian Laporan/Pengaduan di tempat kegiatan, bersama-sama dengan pihak penyelenggara pelayanan public yang layanannya dikeluhkan oleh masyarakat.

Mal Pelayanan Publik Sulawesi Tengah yang diresmikan pada tanggal 15 Juli 2020 merupakan  Mal Pelayanan Publik pertama di Indonesia yang menggabungkan layanan dari Pemerintah Provinsi dengan Instansi Vertikal dan Horizontal , ini membuat Stand PVL On The Spot Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Tengah dianggap sangat tepat berada di Mal Pelayanan Publik mengingat layanan yang disediakan begitu banyak sekitar ±300 jenis layanan yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, Pemerintah Pusat, Pemerintah Kota Palu dan Lembaga-Lembaga Vertikal Seperti BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan dan PLN , Badan Usaha Milik Daerah Bank Sulteng serta Lembaga lainnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Translate »