Rekap Kegiatan KP3MD Tahun 2019

Rapat Koordinasi Perencanaan Pengembangan Penanaman Modal Daerah (KP3MD) adalah acara tahunan untuk memfasilitasi pertemuan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota yang dihadiri oleh seluruh Kabupaten dan Kota se-Sulawesi Tengah. Dengan mengusung tema Investasi yang berkualitas menuju Sulawesi Tengah Maju, Mandiri dan Berdaya Saing” kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 150 peserta yang terdiri dari Perwakilan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, Instansi Finansial dan Pemangku kepentingan lainnya.

Dilaksanakan mulai pada tanggal 25 s/d 27 Maret 2019, berikut beberapa hal yang dilaporkan dalam kegiatan ini :

  • Badan Koordinasi Penanaman Modal mencatat pertumbuhan realisasi investasi selama empat tahun terakhir menunjukkan hasil yang cukup positif Tercatat selama kurun waktu 2015-2018, realisasi investasi mencapai Rp. 2.572,30 Triliun dimana nilai tersebut melampaui target dalam Rencana Strategis BKPM, yaitu sebesar Rp. 2.558,10 Triliun. Walaupun demikian, Pemerintah mencatat perlunya pengawalan investasi yang lebih intensif untuk semakin meningkatkan arus investasi baik dari dalam maupun luar negeri.
  • Diharapkan Optimalisasi Peran Pemerintah Daerah Dalam Percepatan Pelaksanaan Perizinan Berusaha melaui OSS. Rakornas tersebut memfokuskan pada pengembangan kegiatan investasi yang berkualitas sehingga diharapkan membawa multiplier effect yang dapat memperluas peluang usaha, mendorong produksi barang dan jasa di dalam negeri, meningkatkan penyediaan lapangan kerja, menurunkan angka ketimpangan ekonomi, serta meningkatkan pendapatan masyarakat.
  • Launching aplikasi Koordinasi Pengawalan Investasi Memanfaatkan Aplikasi (KOPI MANTAP) Hal ini ditujukan untuk memudahkan koordinasi fasilitasi pemenuhan komitmen perizinan berusaha melalui OSS yang sifatnya lintas kewenangan yang pengawalannya oleh Satgas Nasional, Satgas Provinsi, dan Satgas Kabupaten/Kota. KOPI MANTAP memungkinkan efektivitas dan Efisiensi koordinasi dengan menggunakan platform berbasis teknologi informasi yang didukung fitur kolaborasi, knowledge sharing, serta pertemuan jarak jauh melalui video/audio conference.

Dalam pelaksanaanya, kegiatan KP3MD tahun 2019 ini juga dirangkaikan dengan berbagai kegiatan lain diantaranya :

  • Perkembangan Perekonomian Dunia dan Nasional terhadap Perekonomian Sulawesi Tengah;
  • Konsolidasi Pengendalian Investasi Provinsi Sulawesi Tengah dan Kabupaten/Kota Se-Sulawesi Tengah Tahun 2019, Serta Penyelenggaraan Peraturan BKPM RI Nomor 7 Tahun 2018 Tentang Pedoman dan Tata Cara Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal;
  • Kebijakan Protokol Komunikasi Antar Satgas dan Penerapan Online Single-Submission (OSS);
  • Kebijakan Perencanaan Penanaman Modal dan Pelayanan  Terpadu Satu Pintu Provinsi Sulawesi Tengah/.
  • Konsolidasi,  dengan teknis pembagian kelompok Sebagai Berikut: 
    • Kelompok I yang terdiri atas Bidang Pengendalian dan Pelaksanaan Penanaman modal, Bidang Promosi dan Bidang Perencanaan Pengembangan Iklim Investasi, akan membahas target realisasi investasi PMA/PMDN bagi Kabupaten/Kota pada tahun 2019, dan sinkronisasi pelaksanaan pameran promosi investasi baik ditingkat Nasional maupun Daerah serta sinkronisasi regulasi penanaman modal dan rencana strategis pengembangan investasi diantaranya melalui pemberdayaan UMKM.
    • Kelompok II yang terdiri atas Bidang Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan Bidang Pengaduan, Kebijakan dan Pelaporan Layanan, yang akan membahas teknis penyelenggaraan pelayanan perizinan dengan sistem IT, kemudian membahas tentang regulasi penanaman modal.

Dengan terlaksananya seluruh agenda dalam kegiatan ini, diperoleh kesepakatan bahwa :

  • Seluruh Kab/Kota Se-Sulawesi Tengah akan mengikuti agenda Promosi Luar Daerah yaitu Pekan Raya Jakarta dan APKASI
  • Seluruh Kab/Kota selain Kab. Sigi dan Kab. Banggai Laut akan mengikuti kegiatan Sulteng Expo 2019
  • Menyiapkan Anggaran Pengendalian dan Promosi yang memadai
  • Bagi Kab/Kota yang belum Menyelesaikan RUPM akan akan segera menyelesaikan serta berkonsultasi dengan DPMPTSP Provinsi Sulawesi Tengah
  • Setiap Kab/Kota se-Sulawesi Tengah sepakat akan akan merealisasikan Target Investasi yang ditargetkan oleh BKPM RI
  • Menyelesaikan permasalahan investasi melalui Satgas Percepatan Pelaksanaan Berusaha sesuai dengan kewenangannya
  • Pencapaian realisasi investasi tahun 2019 akan dilaksanakan bersama antara DPMPTSP Provinsi Sulawesi Tengah dengan DPMPTSP Kab/Kota se-Sulawesi Tengah

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Translate »