Sulteng Expo 2024 Momentum Promosi Potensi Daerah

Penyamatan 6 bendera simbol potensi Sulawesi Tengah sebagai tanda pembukaan Sulteng Expo 2024, Kamis (25/04/2024). Foto : Dok. PPID DPMPTSP Prov. Sulteng.

Palu, DPMPTSP – Setelah sempat vakum beberapa tahun karena Pandemi Covid-19, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sulawesi Tengah kembali melaksanakan kegitan Sulteng Expo 2024 yang merupakan salahsatu rangkaian perayaan HUT Prov. Sulteng ke 60 bertempat di Sircuit Panggona Palu. Kamis, (25/04/2023).

Mengambil tema “Hirilisasi Sektor Unggulan di Negeri 1000 Megalit” Wakil Gubernur Sulawesi Tengah dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan Sulteng Expo tahun 2024 ini menjadi momentum untuk mempromosikan berbagai potensi daerah serta memacu dan memotivasi para pelaku UMKM agar mampu mengioptimalisasi pengelolaan sumber daya alam Sulawesi Tengah yang berkelanjutan dengan meningkatkan nilai tambah komoditi dan daya saing yang didukung sumber daya manusia yang kompeten.

 “Sulteng expo merupakan wujut komitmen kita untuk terus mengembangka dan mempromosikan potensi-potensi lokal Sulawesi Tengah yang kaya dan terbatas ini agar naik kelas yang lebih tinggi” Ungkap Wagub.

Wagub berharap, melalui ajang Sulteng Expo ini Provinsi Sulawesi Tengah memiliki kesempatan untuk mengenalkan Kekayaan Alam sulteng dengan 8 jenis tambangnya, keberagaman budaya yang unik, destinasi wisata yang indah serta potensi-potensi ekonomi dari bebagai sektor yang terdapat di Kabupaten dan Kota untuk memikat daya tarik bagi Investor.

Sebelumnya, Plh. Kepala DPMPTSP Prov. Sulteng M. Sadly Lesnusa selaku Ketua Panitia dalam laporannya mengatakan bahwa penyelenggaraan Sulteng Expo ini selain bertujuan sebagai sarana promosi potensi unggulan daerah Sulawesi Tengah baik di tingkat Nasional maupun Internasional untuk mendorong Investor dapat berinvestasi, kegiatan ini juga merupakan momentum untuk menjalin silaturahmi antara pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dengan seluruh elemen masyarakat.

“tujuan diadakannya kegiatan ini yaitu mempromosikan dan mengangkat potensi unggulan yang ada di Sulawesi Tengah, mempromosikan potensi investasi serta mengajak masyarakat untuk mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di Sulawesi Tengah”. Terang M. Sadly.

Lanjut, M Sadly menjelaskan Sulteng Expo 2024 ini di laksanakan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah bersama Event Organizer dari PT. Tutura Indonesia Gemilang yang bekerja sama dengan Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Tengah. Selain itu, kegiatan yang berlangsung dari tanggal 25 sampai dengan 28 April 2024 ini dirangkaikan dengan Gerakan Nasional Banga Buatan Indonesia dan Banga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI & BBWI).

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Mavest) yang diwakili oleh Direktur Potensi Pengembangan Daerah Suhartono, menyampaikan sangat mendukung pelaksanaan Expo Sulteng ini utamanya dalam meningkatkan investasi di Indonesia.

“Saat ini, Sulawesi Tengah menduduki posisi kedua dengan ekonomi tertinggi di Indonesia” Jelas Suhartono.

Suhartono, juga menyampaikan bahwa Negara hadir melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 7 Tahun 2021 tentang pengembangan dan kemudahan usaha UMKM di seluruh Indonesia, fasilitas yang diberikan pemerintah melalui seluruh kementerian, lembaga dan pemerintah daerah.

Acara pembukaan Sulteng Expo 2024 di tandai penancapan 6 bendera symbol unggulan Sulawesi Tengah yaitu Perikanan dan Kelautan, Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, Pariwisata dan Pertambangan oleh Wakil Gubernur Bersama Plh. Kepala DPMPTSP, Kepala Kemenkumham Sulawesi Tengah, Ketua Kamar Dagang Sulawesi Tengah, Perwakilan Menteri BKPM dan Bank Indonesia.

Selanjutnya Wakil Gubernur bersama rombongan Forkopimda dan para tamu undangan berkesempatan mengunjungi stand pameran produk-produk unggulan yang ada di Sulawesi Tengah.

Turut Hadir : Unsur Forkopimda Provinsi Sulawesi Tengah, Bupati/Wali Kota se-Sulawesi Tengah, Ketua/Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Tengah, Kepala OPD Lingkup Provinsi Sulawesi Tengah, Pers Media, Masyarakat dan Tamu Undangan.

Sumber : PPID Pelaksana DPMPTSP, PPID Utama/Humas Pemprov. Sulteng, Dinas Kominfo Santik Prov. Sulteng.

Comments (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*

Complaint