DPMPTSP Sulteng Hadiri Dialog Kerjasama: Gubernur dan Dubes Ceko Tingkatkan Sinergi untuk Kemajuan Bersama

Palu, DPMPTSP Sulteng – Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sulawesi Tengah, Moh. Rifani Pakamundi, S.Sos, M.Si diwakili oleh Kepala Bidang Promosi Penanaman Modal Ir. Marlina Nirwana, M.Si ikut menghadiri pertemuan terkait kerjasama Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dengan Republik Ceko bersama Gubernur Rusdy Mastura dan Duta Besar (Dubes) Republik Ceko Jaroslav Dolecek. Bertempat, di Ruang Kerja Gubernur. Senin, (13/11/2023)

Sumber Foto PPID DPMPTSP Sulteng

Pada kesempatan itu, Gubernur Rusdy Mastura menyampaikan ucapan selamat datang kepada Dubes Republik Ceko Jaroslav Dolecek bersama istri di Sulawesi Tengah Negeri Seribu Megalit.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Dubes Republik Ceko Jaroslav Dolecek beserta istri sudah berkunjung ke Sulawesi Tengah”Kata Gubernur mengawali pembicaraan

Gubernur menjelaskan, Sulawesi Tengah merupakan provinsi yang unik dan kaya dan memiliki peradaban dunia 3000 tahun yang lalu, yakni peninggalan situs-situs megalit yang terletak di lembah Napu, Lembah Bada, Lembah Besoa dan Lembah Lindu.

“Olehnya, Sulteng di sebut sebagai Negeri Seribu Megalit”ujarnya

Selain itu, kata Rusdy Mastura, Provinsi Sulawesi Tengah juga merupakan penyangga bagi Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan.

Untuk itu, ia berharap, nantinya melalui kerjasama Provinsi Sulawesi Tengah dengan Republik Ceko dapat membawa dampak positif bagi perkembangan sektor pariwisata, kesehatan, pertanian, pertambangan maupun sektor lainya untuk mewujudkan Sulawesi Tengah Lebih Sejahtera dan Lebih Maju.

Sebelumnya, Dubes Republik Ceko Jaroslav Dolecek menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan hangat Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah bersama Forkompinda serta Kepala OPD Lingkup Pemprov Sulteng.

“Saya sangat senang dan bahagia karena menerima sambutan hangat yang luar biasa dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, suatu kehormatan bagi saya” ungkap Dubes Ceko dalam kesempatan itu

Sumber Foto PPID DPMPTSP Sulteng

Menurutnya, Provinsi Sulawesi Tengah merupakan provinsi yang beruntung karena memiliki warisan budaya dan sumber daya alam yang sangat luar biasa.

Jaroslav juga menjelaskan, Tujuan kunjungannya adalah untuk membangun kerja sama antara Provinsi Sulawesi Tengah dan Republik Ceko.

“Pertemuan ini sangat spesial bagi saya, Ini merupakan kali pertama saya berkunjung ke Sulawesi Tengah dan langkah awal kita untuk bekerjasama”

Ia juga menerangkan, salah satu program dari kerja sama ini adalah mendatangkan para wisatawan dari Republik Ceko untuk berkunjung ke Sulawesi Tengah.

“Untuk mewujudkan kerjasama ini, akan di bentuk konsulat Ceko di Kota Palu”ungkapya

Diakhir pertemuan, dilakukan penyerahan Cinderamata antara Gubernur kepada Dubes Ceko begitupun sebaliknya. Kemudian, melakukan foto bersama

Turut hadir : Unsur Forkopimda Sulteng, Asisten, Staf Ahli Gubernur, Kepala OPD Lingkup Pemprov Sulteng, Wakil Ketua TP-PKK, Konsulat Ceko, serta pejabat terkait lainya

Sumber/Editor : Humas Pemprov Sulteng/PPID DPMPTSP Sulteng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*

Complaint