Rapat Koordinasi Nasional Investasi 2023 Dihadiri Langsung oleh Kepala DPMPTSP Sulteng di Jakarta

Jakarta, DPMPTSP Sulteng – Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Sulawesi Tengah, Moh. Rifani Pakamundi S.Sos., M.Si, turut hadir dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Investasi Tahun 2023 yang berlangsung di Refflesia Grand Ballroom, Balai Kartini Jakarta, pada Kamis, 7 Desember 2023.

Rakornas Investasi dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia (RI), Ir. Joko Widodo, dengan mengangkat tema “Investasi Berkeadilan dan Berkelanjutan.” Acara ini dihadiri oleh sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, Gubernur, Bupati/Walikota, serta Sekretaris Daerah Provinsi/Kabupaten dari seluruh Indonesia.

Presiden Joko Widodo menegaskan urgensi perbaikan investasi dan peningkatan realisasi investasi, sambil memperingatkan agar proses investasi tidak diperumit.

Dalam kata sambutannya, Presiden Jokowi menyoroti situasi global yang sulit, mendorong pemerintah untuk berhati-hati dalam menetapkan kebijakan fiskal dan moneter. Beliau menekankan pentingnya menjaga kepercayaan investor untuk menarik investasi dan mencapai pertumbuhan ekonomi.

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI, Bahlil Lahadalia menyampaikan bahwa tema Rakornas Investasi 2023 sejalan dengan visi Presiden Joko Widodo terkait transformasi ekonomi melalui hilirisasi. Hilirisasi tidak hanya untuk keuntungan investor besar, tetapi juga kolaborasi dengan pengusaha daerah dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk pertumbuhan bersama.

Sumber Foto PPID DPMPTSP Sulteng

Menurut laporan Menteri Investasi, kerjasama dengan DPMPTSP seluruh Indonesia bertujuan mencapai target investasi tahun 2023 yang meningkat. Hingga September 2023, realisasi investasi mencapai Rp1.053,1 triliun, meningkat 18,0% dari periode yang sama tahun 2022 dan mencapai 75,2% dari target tahun 2023 sebesar Rp1.400 triliun.

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI, Bahlil Lahadalia optimis bahwa melalui kerjasama dengan DPMPTSP seluruh Indonesia, target realisasi investasi tahun 2024 dapat meningkat, sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

Sumber PPID DPMPTSP Sulawesi Tengah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*

Complaint