Sekdis DPMPTSP Sulteng Menghadiri Pertemuan Duta Besar Maroko Dengan Jajaran Pemprov Sulteng

Palu, DPMPTSP Sulteng – Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Sulteng Rifani Pakamundi yang diwakili oleh Sekretaris DPMPTSP Sulteng Nurhalis Lauselang ikut menghadiri pertemuan Duta Besar Maroko dengan jajaran Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah bertempat di Gedung Pogombo Kantor Gubernur Sulawesi Tengah. Kamis (31/08/2023).

Sumber Foto: PPID DPMPTSP Sulteng

Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura menerima kunjungan dari Duta Besar Maroko untuk Indonesia, Ouadia Benabdellah, beserta rombongan.

Dalam sambutannya, Gubernur mengungkapkan bahwa Provinsi Sulawesi Tengah memiliki warisan budaya berupa situs megalitik yang telah ada selama 3000 tahun sebelum Masehi, serupa dengan keberadaan Firaun pada zaman Mesir kuno.

Ia juga menyoroti keindahan alam Provinsi Sulawesi Tengah, yang terletak di bagian tengah pulau Sulawesi dan memiliki luas wilayah sekitar 61.841,29 km². Provinsi ini memiliki pegunungan dan laut yang memancarkan pesona menakjubkan, serta beragam suku bangsa dan tradisi.

Sumber Foto: PPID DPMPTSP Sulteng

Gubernur juga menyampaikan pencapaian ekonomi Provinsi Sulawesi Tengah pada triwulan pertama tahun 2023. Realisasi investasi mencapai Rp. 29,82 triliun, dengan sebagian besar berasal dari penanaman modal asing senilai Rp. 28,84 triliun (96,71%), dan sisanya dari penanaman modal dalam negeri senilai Rp. 0,98 triliun (3,29%).

“Salah satu sektor unggulan dalam industri adalah industri logam dasar, barang logam, bukan mesin, dan peralatan, yang menyumbang nilai investasi terbesar sekitar Rp. 23,26 triliun atau 80,65%. Kegiatan pengolahan nikel di Kabupaten Morowali dan Morowali Utara menjadi andalan di sektor ini,” kata Rusdy Mastura.

Sumber Foto: PPID DPMPTSP Sulteng

Di sektor pertanian dan perkebunan kata Rusdy Mastura, Provinsi Sulawesi Tengah memiliki lahan subur dan iklim mendukung untuk komoditas utama seperti kelapa sawit, kakao, kopi, karet, dan buah-buahan tropis.

Selain itu, sektor pariwisata juga memiliki potensi besar, dengan kekayaan alam dan budaya yang menarik, termasuk status sebagai situs budaya batu megalitik, Danau Poso, Taman Nasional Lore Lindu, Pulau Togean, dan Pulau Banggai.

Sumber Foto: PPID DPMPTSP Sulteng

Gubernur mengajak Duta Besar Maroko untuk memanfaatkan peluang investasi di Provinsi Sulawesi Tengah, dengan tujuan menjadikan wilayah ini sebagai tempat yang nyaman, maju, dan sejahtera bagi semua pihak.

“Investasi yang beragam dan substansial di berbagai sektor tidak hanya memberikan keuntungan bagi para investor, tetapi juga berdampak positif pada pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Sulawesi Tengah,” tandasnya.

Selama kunjungan Duta Besar Maroko dan rombongannya, pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, mempresentasikan beberapa komoditas unggulan dan peluang investasi di wilayah tersebut.

PPID DPMPTSP Sulteng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*

Complaint