Safari Ramadhan Pemerintah Prov. Sulteng Momen Menjalin Silaturahmi antara Pemda, Umat Muslim dan Masyarakat Kab/Kota.

Foto penyerahan bingkisan oleh Sekretaris DPMPTSP kepada Takmir Masjid Al-Huda, Desa Kautu, pada rangkaian kegiatan safari ramadhan Pemprov Sulteng, Selasa (20/03/2024). Foto : Dok. PPID DPMPTSP

Palu, DPMPTSP – Wakil Gubernur Sulawesi Tengah yang di wakili Assisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Prov. Sulteng Dr. Rudi Dewanto, SE., MM bersama rombongan tim 2 gelar kegiatan Safari Ramadhan Pemprov Sulteng di Kabupaten Banggai Kepulauan. Selasa (19/03/2024).

Sebelum melakukan kunjungan, seluruh rombongan tim 2 safari ramadhan diterima dan dijamu oleh Pj. Bupati Bangkep Dr. Ikhsan Basir, SH beserta beberapa kepala OPD dan jajarannya pada buka puasa bersama di rumah jabatan Bupati Bangkep. Selanjutnya rombongan tim safari ramadhan terpecah mengunjungi 3 masjid di Kecamatan Tinangkung yang salah satunya berlokasi di desa Kautu.

Kegitan safari ramadhan pada masjid Al-Huda desa Kautu di pimpin oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Dr. Farid R. Yotolembah, S.Sos., M.Si dan dihadiri oleh Dinas PMD Prov. Sulteng, DPMPTSP Prov. Sulteng, Kemenag Sulteng serta beberapa OPD Kab. Bangkep yaitu DPMPTSP Kab. Bangkep dan Dinas Pehubungan Kab. Bangkep.

Farid R. Yotolembah dalam sambutannya mengatakan, kegiatan safari ramadhan yang sudah menjadi agenda tetap Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah di setiap tahunnya, pada momen bulan suci ramadhan bertujuan untuk menjalin silaturahmi antara pemerintah daerah, umat islam dan masyarakat di tiap kabupaten kota yang dikunjungi tim safari ramadhan.

“kami merasakan luapan kebahagiaan yang luar biasa besar, karena dapat berjumpa dan berbagi dengan saudara-saudaraku yang seiman di bulan penuh berkah dan rahmat ini, dan marilah bersama kita mengoptimalkan bulan ramadhan ini sebagai bulan introspeksi diri dan sekaligus bulan sosial untuk berbagi kebersamaan, meningkatkan sinergitas serta kolaborasi dalam membangun sulteng yang lebih sejahtera dan lebih maju” ungkap Farid.

Di sisi lain, kegiatan safari ramadhan juga menjadi sarana informatif, untuk menyebarluaskan pesan-pesan pembangunan yang diselipkan dalam ceramah agama singkat oleh para Da’i tim safari ramadhan provinsi, di tambah lagi dengan adanya kegiatan ini, juga menjadi wadah untuk menghimpun berbagai aspirasi masyarakat, untuk dijadikan bahan penting dalam menyusun program kebijakan pembangunan. karena itu di tiap rombongan safari pemerintah prov. sulteng, terdapat jajaran perangkat kerja daerah yang siap menerima dan merespon hal-hal yang disampaikan masyarakat setempat.

Lanjut, Farid menyampaikan indeks capaian pembangunan Sulteng yang terus menunjukan kinerja positif, mulai dari penurunan angka kemiskinan ekstrim, penurunan tingkat pengangguran, peningkatan indeks pembangunan manusia, pertumbuhan ekonomi tertinggi dan realisasi investasi tertinggi peringkat 3 secara nasional yang diikuti pula dengan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang signifikan.

Mengakhiri sambuatannya, Faid R. Yotolembah mengajak para jamaah untuk meletakan pondasi kebersamaan dan kerja sama dalam membangun Sulawesi Tengah dengan menyeimbangkan pembangunan fisik, ahlak budi pekerti dan iman spiritual, saling menjaga dan menghormati nilai-nilai keluhuran dan kemuliaan bulan suci ramadhan dengan memperkokoh silaturahmi dan kerukunan umat beragama demi terjaganya keamanan dan stabilitas, agar supaya roda pembangunan dan pelayanan masyarakat dapat berjalan dengan baik sesuai harapan.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris DPMPTSP perwakilan dari Tim Safari Ramadan juga menyerahkan bingkisan kepada imam dan takmir Al-Huda, Desa Kautu. Selanjutnya tim 2 safari ramadhan Pemprov Sulteng menghadirkan Ustadz Dr. H. Moh. Syarief Hasyim, LC, M.Th.i yang menyampaikan ceramah hikmah ramadhan.

Sumber : PPID DPMPTSP Prov. Sulteng

Complaint